Loading . . .

Imlek Minim Sampah Menuju Keberuntungan Baru

Tahun Baru Imlek penuh dengan tradisi berupa simbolisme harapan baik. Acara makan bersama keluarga besar, bersih-bersih rumah, banyak camilan kue kering, dan tentu saja: angpao! Imlek menjadi waktu yang tepat untuk minta keberuntungan, berkumpul bersama keluarga dan mengantar kita ke awal yang baru. 

Seperti hari festival lainnya, dekorasi dan kegiatan kita di hari raya Imlek dapat menimbun sampah. Merah memang simbol keberuntungan di tradisi Tionghoa, namun kita bisa menjadikan tahun baru Imlek ini menjadi lebih ‘hijau’. Di tahun kerbau ini, Generasi Hijau dapat memulai perubahan kecil untuk Imlek yang minim sampah!

Bersih-bersih Rumah

Seminggu sebelum Imlek, ada tradisi sao nian (扫年), alias ‘menyapu tahun’ untuk bebersih seluruh rumah. Hal ini sebagai simbolisasi menghapus keburukan tahun lalu dan menggantinya dengan keberuntungan tahun depan. Sao nian ini bukan hanya menyapu dan mengepel lantai, namun juga mencuci sprei yang digunakan tahun lalu, bahkan ada keluarga yang merenovasi rumahnya.

Bebersih rumah menjelang tahun baru Imlek. (Sumber: travel.newsgd)

Menurut tradisi Tionghoa, salah satu hal penting dalam sao nian ialah untuk menggunakan bahan yang ramah lingkungan untuk bersih-bersih. Sadari bahwa bahan kimia sintetis berbahaya untuk saluran air dan tanah. Mari kita mulai tahun kerbau ini untuk lebih menyayangi bumi!

Dalam kesempatan sao nian ini, lakukan decluttering. Tata dan pilah tumpukan barang yang tak terpakai selama satu tahun ini, lalu pisahkan mana yang kira-kira masih dapat dipakai dan mana yang tidak. Pastikan barang-barang yang sudah tidak dapat dipakai kamu kelola dengan bijak. Salurkan ke bank sampah yang dapat menerimanya. Untuk barang yang masih dalam kondisi baik namun tidak lagi kamu pakai, dapat kamu jual atau donasikan pada yang lebih membutuhkan. 

Bersih-bersih rumah hanya boleh dilakukan 15 hari hingga satu minggu sebelum Imlek. Jika dilakukan saat hari raya, Generasi Hijau dianggap akan menyapu semua rezeki dan keberuntungan yang akan datang.

Biasanya sao nian akan diikuti dengan belanja. Walaupun terdengar bertolak belakang dengan decluttering, belanja barang baru dipercaya dapat menyambut awal yang baik di tahun baru. Jika kamu memenuhi tradisi yang satu ini, tetaplah conscious shopping agar tidak membeli barang yang tidak kamu butuhkan ya.

Angpao Merah Virtual untuk Imlek yang Lebih Hijau

Dalam budaya Tionghoa, merah adalah warna keberuntungan, sehingga memberi uang dalam amplop merah adalah cara untuk memberikan harapan terbaik, serta hadiah keuangan yang diharapkan akan membawa hoki. Uang amplop merah tradisional sering disebut ‘uang pengusir setan’ (压岁钱 yāsuìqián / yaa-sway-chyen). Menurut banyak legenda Tahun Baru, roh-roh jahat takut pada warna merah, sehingga amplop merah pada awalnya digunakan untuk mengusir setan sambil memberikan uang.

Gunakan kembali angpaomu dari tahun lalu. (Sumber: Smart Parents)

Generasi Hijau dapat gunakan amplop angpao dari tahun lalu. Kalau sudah dibuang, kamu bisa gunakan amplop tahun ini untuk di tahun depan. Agar bisa digunakan lagi, usahakan tidak menempel lem di penutupnya, selipkan saja ke dalam. Beli angpao yang tidak menggunakan desain tertentu, misalnya gambar kerbau untuk tahun kerbau. Karena tahun berganti, kamu bisa menggunakan angpao polos dengan berkelanjutan.

Kreasikan angpaomu untuk dekorasi Imlek. Kamu bisa mengubahnya menjadi dekorasi dinding, bunga kertas, atau bahkan lentera rumah. Pilihan lain adalah untuk mengolahnya secara bertanggung jawab. Kirimkan ke bank sampah yang dapat mengelola bahan kertas.

Sekarang sudah marak pengguna dompet virtual. Kirim uang Imlek untuk sanak saudara menggunakan template Imlek bernuansa merah melalui ponsel kamu. Kamu bisa mendorong orang tuamu atau kakek-nenekmu untuk belajar menggunakan teknologi ini.  Mungkin agak asing untuk mereka tidak menggunakan uang kertas, tapi yakinkanlah, bahwa ini tidak ada bedanya dengan angpao merah.

Hampers Tanpa Plastik

Seperti hari raya lainnya, terdapat kebiasaan berkirim hampers dengan kerabat di saat Imlek. Apalagi di masa pandemi di mana kita sulit bertemu sanak saudara, hampers dapat menjadi simbol pengingat kita untuk orang tersayang. Generasi Hijau tetap dapat mengirim hampers dengan isi dan kemasan tanpa plastik.

Hampers Imlek ramah lingkungan untuk dikirim ke orang terdekat. (Sumber: The Source Bulk Foods)

Kotak hampers plastik atau kardus dapat kamu ganti dengan besek bambu. Besek bambu bisa tahan air, tidak mudah penyok dan tetap dapat kamu kreasikan. Jika sudah tidak layak pakai, kamu juga bisa mengompos besek bambu.

Dalam besek, kertas nasi untuk melapis isi hampers bisa diganti dengan daun pisang. Kamu dapat mengisi hampers kamu dengan kue keranjang, kue lapis, jeruk mandarin hingga teh oolong. Semuanya bisa didapat tanpa kemasan plastik.

Walaupun Imlek tahun ini harus kita lalui dengan jarak, semoga kita dan keluarga tetap diberi kesehatan dan keberuntungan.

Xin Nian Kuai Le, Gong Xi Fa Cai!

 

Penulis: Melisa Qonita Ramadhiani

Referensi

Au, R. (2-19, January 30). How to celebrate Chinese New Year without feeling guilty about the Earth. Retrieved from Buro247: https://www.buro247.my/lifestyle/insiders/eco-friendly-chinese-new-year-decor-sustainable.html

Green Is The New Black. (2021, February 02). Good Luck, Good Health, Good Cheer and A Conscious Chinese New Year. Retrieved from Conscious Scoop: https://greenisthenewblack.com/how-to-be-conscious-over-chinese-new-year-a-sustainable-guide-to-cny/

Ho, S. (2020, January 17). Our Eco-Friendly Guide To Spring Cleaning Before The Lunar New Year. Retrieved from Green Queen HK: https://www.greenqueen.com.hk/our-eco-friendly-guide-to-spring-cleaning-before-the-lunar-new-year/

Lee, K. (2019, December 30). CNY 2020: ‘Huat’ to Do to Have an Eco-friendly, Sustainable, Zero Waste CNY in the Year of the Metal Rat. Retrieved from Singapore Motherhood: https://singaporemotherhood.com/articles/2019/12/cny-2020-zero-waste-eco-friendly-sustainable/

Moraleda, N. (2020, January 23). 5 ways to be more environmentally friendly this Chinese New Year. Retrieved from SCMP: https://www.scmp.com/yp/discover/lifestyle/features/article/3071239/5-ways-be-more-environmentally-friendly-chinese-new

Murphy, L. (2018, February 12). Get Ready for a Green Chinese New Year Celebration. Retrieved from Earth911: https://earth911.com/living-well-being/events-entertainement/sustainable-chinese-new-year/

Support Organization

Support Specific Program

Subscribe

* indicates required