Loading . . .

Newsletter Edisi Januari 2021

Konsumsi dan Produksi Bertanggung Jawab

Tahun Baru, Semangat Baru!

Halo, Generasi Hijau! Selamat menyambut bulan kedua di tahun 2021. Semoga kita dapat terus memberikan energi terbaik di awal tahun 2021 ini. Terima kasih atas dukungan dan kerjasama yang sudah terjalin selama ini. Berbagai cerita dan pencapaian kami di awal tahun ini terangkum dalam Newsletter Edisi Januari 2021 berikut ini. 

Ayo bersama terus berupaya mewujudkan prinsip konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab di Indonesia demi bumi yang lebih lestari. Pastikan Anda selalu mendapatkan berbagai informasi terkini dari Greeneration Foundation melalui media sosial kami

 Instagram, Facebook, TwitterYoutubeLinkedIn, dan Website.

EcoRanger dan Coca-Cola Foundation Indonesia Berkolaborasi Menyelesaikan Masalah Sampah di Destinasi Wisata

Konsumsi dan Produksi Bertanggung Jawab

Pada tanggal 21 Januari 2021, Greeneration Foundation menyampaikan pencapaian dari program EcoRanger Banyuwangi, bersama dengan Coca Cola Foundation Indonesia. Program ini merupakan pilot project dari EcoRanger Indonesia, yaitu implementasi sistem pengelolaan sampah di destinasi wisata yang telah dilaksanakan sejak November 2018 di Pantai Pulau Merah, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai stakeholder pemerintahan, pelaku usaha, komunitas, media massa, dan penerima manfaat baik di tingkat nasional maupun daerah. 

Dalam kegiatan tersebut disampaikan pencapaian program yang ada setidaknya 5 aspek yaitu terbentuknya struktur organisasi tim EcoRanger di wilayah Banyuwangi, partisipasi masyarakat setempat, pendanaan melalui implementasi social entrepreneurship, regulasi (pendampingan pemerintah setempat dalam penyusunan peraturan Desa Sumberagung Nomor 08 Tahun 2019 Tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga), dan operasional (pendirian Sektor Kelola Sampah (SEKOLA) sebagai infrastruktur persampahan dan fasilitas pengelolaan sampah terpadu).

Sempat Tertunda, Program ICCFTE Kembali Lagi!

Konsumsi dan Produksi Bertanggung Jawab

Indonesian Children Care for the Environment (ICCFTE) merupakan program kolaborasi Greeneration Foundation dengan IKEA dan Kedutaan Besar Swedia, yang bertujuan untuk membangun kesadaran dan memberikan edukasi kepada anak-anak sekolah dasar dan publik mengenai pentingnya mengelola sampah makanan dengan dimulai dari diri sendiri.

Karena saat ini kita masih berada dalam kondisi pandemi COVID-19, maka kegiatan edukasi kepada anak-anak sekolah dasar akan dilaksanakan secara virtual. Dalam pelaksanaannya nanti, Greeneration Foundation akan bekerja sama dengan komunitas lokal untuk membantu melakukan edukasi melalui berbagai bahan pembelajaran seperti buku cerita, video pembelajaran, dan kegiatan berkebun. ICCFTE akan diluncurkan kembali pada akhir Februari 2021.

Ikuti Lomba Menulis Cerita Citarum Repair

Konsumsi dan Produksi Bertanggung Jawab

Citarum REPAIR mengadakan lomba menulis tulisan populer yang dibuka untuk pemuda berusia 14-21 tahun. Lomba ini memiliki dua tema, yakni “Sungai dan laut tercemar sampah plastik” dan “Aktivitas manusia mencemari sungai dan laut”. Tulisan terbaik akan dipublikasikan di website Greeneration Foundation (untuk bahasa Indonesia) dan cleancurrentcoalition.org (untuk bahasa Inggris).

Pengumpulan karya ditutup pada 7 Februari 2021.

Luring dan Daring, P4G-DRS Mengedukasi Ibu Rumah Tangga

Konsumsi dan Produksi Bertanggung Jawab

Setelah berhasil mengedukasi 153 orang beneficiaries secara langsung di RW 01 – 06 Kelurahan Bukit Duri, Jakarta Selatan pada November 2020 lalu, program Driving Refill Solutions (DRS) akan melanjutkan edukasinya secara daring. Edukasi daring akan dilakukan dengan menggunakan platform Zoom dengan durasi + 1 jam dan maksimal terdapat 10 orang perwakilan setiap RW dalam satu kali Zoom. Edukasi ini akan dilangsungkan selama hampir satu minggu untuk setiap kelurahan dengan pembagian jadwal yang sudah ditentukan.

Setiap RW di masing-masing Kelurahan diminta untuk mengumpulkan 20 orang Ibu Rumah Tangga yang bisa mengikuti edukasi online dengan pemberian penggantian pulsa bagi setiap peserta. Secara umum, gambaran materi edukasi yang akan diberikan, yaitu terkait permasalahan sampah yang dihadapi Indonesia (khususnya Jakarta), dampak yang kita alami dari permasalahan tersebut, dan solusi untuk mengurangi sampah mulai dari diri sendiri. Edukasi ini akan berlangsung pada 1-16 Februari 2021.

Ekonomi Sirkular untuk Mendukung Ekonomi Hijau dan Pembangunan Rendah Karbon

Konsumsi dan Produksi Bertanggung Jawab
Pergerakan ekonomi sirkular di Indonesia telah mencapai milestone baru dengan diselenggarakannya webinar multipihak bertema Ekonomi Sirkular Untuk Mendukung Ekonomi Hijau & Pembangunan Rendah Karbon pada 25 Januari 2021. Kegiatan ini dihadiri oleh Bapak Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa. Menteri Lingkungan Hidup Denmark, Ibu Lea Wermelin. Juga Resident Representative UNDP Indonesia, Bapak Norimasa Shimomura.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka peluncuran laporan “The Economic, Social, and Environmental Benefits of Circular Economy in Indonesia”. Kegiatan ini merupakan momentum percepatan transisi ekonomi sirkular di Indonesia, dengan mendukung pembangunan rendah karbon dan build back better.

Hasil webinar ini menyatakan bahwa langkah selanjutnya yang akan dilaksanakan oleh pemerintah Indonesia dalam penerapan ekonomi sirkular di Indonesia terdiri dari 3 tahapan:
  1. Peningkatan pemahaman seluruh pihak mengenai konsep ekonomi sirkular dengan akumulasi pengetahuan
  2. Penyusunan rencana kerja bersama kementerian dan lembaga, juga sektor usaha dan komunitas
  3. Mendorong piloting project multi pemangku kepentingan terkait pembangunan rendah karbon.

Spread the News

Share to Social Media

Share on twitter
Share on facebook
Share on linkedin
Share on pinterest

Support Organization

Support Specific Program

Subscribe

* indicates required