Loading . . .

Newsletter Edisi Februari 2021

Generasi Hijau,

Salah satu highlight bulan Februari bagi mayoritas pegiat lingkungan adalah Hari Peduli Sampah Nasional yang jatuh pada 21 Februari 2021. Memperingati hari tersebut, Greeneration Foundation bertanya kepada 25 pemuda tentang aspirasi mereka untuk Indonesia Bebas Sampah. Selain itu, Greeneration Foundation juga mengadakan berbagai kegiatan selama bulan Februari, melibatkan 48 komunitas sebagai community partner, dalam kampanye Better, Greener, Together.

Walau Februari sudah berakhir, masih ada aksi yang dapat kamu lakukan untuk membantu mewujudkan Indonesia yang berkelanjutan, di bulan Maret, April, dan bulan-bulan selanjutnya sepanjang 2021. Kamu dapat donasi di sini atau menandatangani petisi Aspirasi Bebas Sampah di sini. Ikuti perjalanan Greeneration Foundation melalui berbagai platform kami : Instagram, FacebookTwitterYoutubeLinkedIn, dan Website.

Edukasi Driving Refill Solutions Berlanjut

Februari 2021 ini, Driving Refill Solution sudah melakukan kegiatan edukasi secara daring di dua lokasi, yaitu Kelurahan Manggarai Selatan (155 orang) dan Kelurahan Bukit Duri (145 orang) di Jakarta Selatan. Hingga Februari 2021 ini, total sudah terdapat 447 orang yang sudah teredukasi melalui Driving Refill Solutions. Selain memberikan edukasi terkait kondisi persampahan di Indonesia, khususnya di Jakarta saat ini, Greeneration Foundation bersama Siklus Refill juga memperkenalkan solusi isi ulang kebutuhan rumah tangga.

Adapun Kelurahan yang sudah selesai dilaksanakan kegiatan edukasi juga sudah didistribusikan merchandise melalui PKK Kelurahan untuk kemudian diteruskan kepada perwakilan setiap RW. Selanjutnya, akan ada dua lokasi baru yang akan dilaksanakan kegiatan edukasi online, yaitu Kelurahan Manggarai dan Kelurahan Tebet Timur pada bulan Maret 2021 ini.

Kolaborasi Eco Ranger dan Forum Aksi Mewujudkan Pariwisaa Berkelanjutan Air Terjun Lider

Dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional 2021, Eco Ranger berkolaborasi bersama berbagai komunitas dan organisasi dalam kegiatan Forum Aksi dari Kami Untuk Lingkungan yang dilaksanakan pada 21 Februari 2021 di Geosite Kekar Kolam Air Terjun Lider, Banyuwangi. Melalui kegiatan ini, aksi peduli lingkungan mengenai bahaya sampah anorganik dilakukan. Aksi peduli lingkungan yang dilakukan adalah Cleanup dan Edutrip mengenai sampah dan Geological Site (Geopark).

Cleanup yang dilakukan berhasil mengumpulkan sebanyak 76,5 Kg yang dibawa ke TPS setempat untuk diproses lebih lanjut. Pada kegiatan Edutrip, peserta diberi edukasi mengenai asal muasal terbentuknya Air Terjun Lider dan jenis-jenis batuan. Kegiatan ini dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan demi menjaga kenyamanan dan keselamatan bersama. Melalui kegiatan ini, Eco Ranger berharap semakin banyak aksi kolaborasi yang bisa dilakukan untuk bersama-sama mewujudkan pariwisata Indonesia berkelanjutan.

Mari Bergerak Melalui Rangkaian Kegiatan #PESAN2021

#PESAN2021 atau Peduli Sampah Nasional adalah gerakan inisiatif pegiat peduli persampahan yang mendukung program peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN). Tahun ini, HPSN mengangkat tema “Sampah Bahan Baku Ekonomi di Masa Pandemi” dengan memegang prinsip pengelolaan sampah berkelanjutan, yaitu waste to resource melalui pelaksanaan ekonomi sirkular (circular economy) dan sampah menjadi sumber energi. Fokus kegiatan ini diantaranya adalah untuk untuk membangun partisipasi masyarakat melalui pilah sampah dari rumah dan membangun partisipasi serta peran dari industri untuk menjadikan sampah sebagai bahan baku industri daur ulang. Selain itu kegiatan #PESAN2021 akan berfokus kepada kampanye sampah sebagai bahan baku ekonomi. Saatnya Kita bergerak bersama dalam mewujudkan Indonesia Bebas Sampah! Lihat panduan bergerak #PESAN2021 di: bit.ly/PESAN2021

Salah satu kegiatan dalam gerakan #PESAN2021 adalah penyampaian Aspirasi Bebas Sampah. Aspirasi tersebut sangat krusial untuk disampaikan, karena Indonesia telah memiliki banyak peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang pengelolaan persampahan. Namun, kenyataannya peraturan-peraturan tersebut belum ditegakkan dengan tegas, sehingga pengolahan sampah di Indonesia masih tidak efektif hingga sekarang. Mari suarakan aspirasimu dengan menandatangani, menyebarkan, serta mendiskusikan petisi aspirasi bebas sampah dengan pemerintah daerahmu, demi persampahan Indonesia yang lebih baik!

Menuju The 4th Indonesia Circular Economy Forum 2021

Indonesia Circular Economy Forum (ICEF) adalah acara tahunan terbesar di Indonesia tentang Ekonomi Sirkular dimana pejabat tinggi dari sektor pemerintahan, korporasi, akademisi, profesional dan pemangku kepentingan terkait lainnya akan berkumpul dan mengidentifikasi tantangan serta solusi untuk menerapkan ekonomi sirkular di Indonesia. Tahun ini, acara puncak ICEF akan diselenggarakan sepenuhnya secara daring pada bulan Juli, dalam rangka memutus rantai penyebaran COVID-19. Acara tersebut akan mengangkat tema “Towards Smart and Sustainable Cities through Circular Economy: Building Resilience During COVID-19 Recovery” sebagai respon terhadap pandemi COVID-19 yang masih terjadi hingga sekarang.

Mengarah ke acara puncak (Main Event) di bulan Juli, ICEF akan menyelenggarakan berbagai rangkaian kegiatan selama 5 bulan ke depan untuk menyambut acara puncak. Kali ini, ICEF membuka kesempatan bagi organisasi dan komunitas eksternal untuk berkolaborasi sebagai mitra dan sponsor dalam penyelenggaraan acara Main Event ICEF. Mari ambil peran aktif dalam penyelenggaraan kegiatan ekonomi sirkular terbesar di Indonesia!

Pantau Performa Kotamu di Indeks Manajemen Persampahan

Indeks Manajemen Persampahan BSID adalah sistem informasi mengenai pembenahan tata kelola persampahan di berbagai kota/kabupaten Indonesia yang dibuat oleh Greeneration Foundation, Yayasan Pengembangan Biosains dan Bioteknologi (YPBB), dan Ikatan Alumni Teknik ITB (IATL ITB). Melalui fitur ini, Bebas Sampah ID ingin memberikan kontribusi dan peran dalam pembuatan sistem informasi dan penguatan keterlibatan masyarakat dalam proses pembenahan tata kelola persampahan. Sampai saat ini, terdapat dua kota/kabupaten dalam Indeks Manajemen Persampahan BSID yaitu Kota Balikpapan dan Kabupaten Sumba Timur.

Spread the News

Share to Social Media

Share on twitter
Share on facebook
Share on linkedin
Share on pinterest

Support Organization

Support Specific Program

Subscribe

* indicates required