Solusi Perubahan Iklim: Green Fund Digital Philanthropy

Foto 1. Demo Krisis Iklim (Jeprima / Tribun News)
Foto 1. Demo Krisis Iklim (Jeprima / Tribun News)

Generasi Hijau, sekarang makin terasa ya, tinggal di bumi makin tidak nyaman. Contoh saja, saat kamu sedang membaca artikel ini, sebagian dari kamu yang tinggal di perkotaan sedang kepanasan dan mau tidak mau menghirup udara berpolusi. Sebaliknya, kamu yang tinggal di pedesaan masih bisa menikmati hari yang sejuk dengan udara segar. Namun, sepertinya kamu justru dipusingkan dengan kondisi cuaca yang tak menentu menggagalkan panen kebun keluargamu.

 

Ini terjadi karena perubahan iklim dunia telah memasuki dekade krisis yang terancam terlambat untuk ditangani. Sejak abad ke-19, suhu bumi telah meningkat hingga 1.1 derajat celcius. Padahal, tiap tahunnya emisi gas rumah kaca memicu kenaikan suhu bumi yang mengacaukan kondisi iklim dunia. Perubahan iklim menimbulkan kerusakan lingkungan dan memperparah dampak bencana hidrometeorologi. Lama-kelamaan, bumi semakin tidak layak huni. Dunia sedang dalam misi untuk menjaga kenaikan suhu bumi dibawah 1.5 derajat celcius.

GFDP Menjadi Solusi

Foto 2. Green Fund Digital Philanthropy (Greeneration Foundation)
Foto 2. Green Fund Digital Philanthropy (Greeneration Foundation)

Menanggapi masalah perubahan iklim dunia, Greeneration Foundation menghadirkan Green Fund Digital Philanthropy (GFDP). Ini adalah sebuah platform untuk mendukung pendanaan keberlanjutan aksi penanganan iklim. Pendanaan ini adalah wujud gotong royong individu dan perusahaan berdonasi untuk berbagai gerakan pelestarian lingkungan di Indonesia. 

 

Kenapa dukungan finansial jadi misi utama GFDP? Misi ini dilatarbelakangi dari menampung kegelisahan inisiator berbagai gerakan pelestarian lingkungan di Indonesia. Mereka kewalahan merestorasi kondisi lingkungan untuk memperlambat laju perubahan iklim. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya dukungan finansial berkelanjutan untuk terus menjalankan inisiatifnya. 

 

Selama ini, berbagai lembaga memperoleh pendanaan untuk kegiatan pelestarian lingkungan dari beragam sumber. Pendanaan bisa berasal dari anggaran pemerintah, Corporate Social Responsibility (CSR), waqaf, dan donasi. Masing-masing lembaga bergerak sendiri untuk memperoleh pendanaan dari sumber tersebut.

Dampak yang Akan Dihadirkan GFDP

Foto 3. Edukasi Pemilahan Sampah di TPS3R Bonjeruk Asri (Greeneration Foundation)
Foto 3. Edukasi Pemilahan Sampah di TPS3R Bonjeruk Asri (Greeneration Foundation)

Hadirnya GFDP berupaya untuk memudahkan para eksekutor penanganan iklim untuk memperoleh sumber pendanaan yang telah terpusat. Selain itu, GFDP juga menjadi jembatan yang menghubungkan kepedulian masyarakat dan perusahaan yang ingin ikut andil menangani perubahan iklim secara langsung lewat dukungan finansial berkelanjutan. Inisiatif ini adalah wujud kolaborasi nyata yang lebih luas antar lembaga, masyarakat dan perusahaan untuk menahan laju kerusakan iklim. 

 

GFDP akan memainkan peran sebagai support system untuk membantu lembaga eksekutor memperluas dampak dari inisiatifnya dari sisi pemulihan lingkungan dan sosial. Ini adalah bagian dari mimpi Greeneration Foundation.

 

Dampak yang akan dihadirkan juga tercermin dalam kampanye “10. 10. 10” yang menjadi arah gerak Green Fund Digital Philanthropy. 10 pertama melambangkan 10 tahun kedepan sebagai dekade penentu restorasi lingkungan. 10 kedua adalah target yang ingin dicapai untuk memperoleh 10 juta orang yang berdonasi. 10 yang terakhir adalah nominal donasi senilai Rp. 10.000 rupiah saja yang diharapkan didonasikan secara rutin tiap orangnya. 

Bergerak Bersama GFDP

Foto 4. Soft Launching GFDP (Temmy / Greeneration Foundation)
Foto 4. Soft Launching GFDP (Temmy / Greeneration Foundation)

Untuk menjembatani niat mulia berbagai pihak mempercepat solusi perubahan iklim, GFDP menyediakan sebuah platform donasi digital yang dapat diakses segala jenis perangkat. Di platform ini, pengguna tidak hanya disediakan fasilitas untuk berdonasi. GFDP juga akan menyediakan berbagai informasi lingkungan yang menarik dan up-to-date untuk meningkatkan pengetahuan dan awareness Generasi Hijau tentang perubahan iklim terkini. Biar makin seru, GFDP juga akan menerapkan konsep gamification yang menghadirkan beragam tantangan, poin, hingga penghargaan bagi kamu pengguna setianya. 

 

Saat ini, platform ini sedang kami kembangkan sedemikian rupa. Generasi Hijau pasti tidak sabar menikmati layanan lengkap dari GFDP. Tak kenal maka tak sayang, kamu bisa berkenalan dulu dengan Green Fund Digital Philanthropy di sini. Bersama GFDP 10. 10. 10 untuk Indonesia dengan konsumsi dan produksi yang berkelanjutan. 

Author :

Aviaska Wienda Saraswati

Aviaska Wienda Saraswati

Sebarkan Artikel

Bagikan ke Media Sosial​

Berlangganan

* Diperlukan