EcoRanger

EcoRanger adalah Tim Keren di titik destinasi pariwisata Indonesia yang bertujuan untuk menjaga negeri kita untuk tetap bersih dan berkelanjutan.

 

Kemampuan kami di antaranya berbagi pengetahuan, berwirausaha, memandu, berorganisasi, dan membangun pemberdayaan. Lima kompetensi ini hadir untuk mengurangi masalah sampah di destinasi wisata, terutama di 10 Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN). Kami ingin memastikan destinasi pariwisata selalu tertata bersih dan terpelihara dengan baik.

Bebas Sampah ID

Bebassampah.ID (BSID) merupakan sebuah platform non-profit berbasis web nasional yang menggerakkan para pemangku kepentingan untuk berperan serta dalam mewujudkan Indonesia Bebas Sampah, melalui pemetaan aset persampahan sebagai solusi maupun kolaborator peduli persampahan yang tergabung dalam Bergerak Indonesia Bebas Sampah (BIBS).

 

BSID juga merupakan gerakan partisipatif berbasis TIK yang berusaha mendorong pengelolaan sampah yang sistematis, kolaboratif, transparan, dan akuntabel di Indonesia, terutama yang berdasarkan prinsip bebas sampah dan desentralisasi. Inisiatif ini merupakan hasil kolaborasi dari tiga organisasi yang di antaranya adalah: Ikatan Alumni Teknik Lingkungan Institut Teknologi Bandung (IATL ITB), Perkumpulan Yaksa Pelestari Bumi Berkelanjutan (YPBB) dan Yayasan Greeneration Indonesia (Greeneration Foundation) sejak 2014.

Jambore Indonesia Bersih dan Bebas Sampah

Jambore Indonesia Bersih dan Bebas Sampah (JIBBS) merupakan acara yang dilakukan dalam cakupan nasional dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya isu persampahan, khususnya yang berada di Indonesia.

ICEF

Indonesia Circular Economy Forum (ICEF) adalah platform yang menghadirkan para pemangku kepentingan seperti pemerintah, perusahaan, dan juga pegiat isu lingkungan untuk berdiskusi mengenai implementasi ekonomi sirkular di Indonesia. ICEF bertujuan untuk meningkatkan kepedulian peserta dan juga untuk mengidentifikasi kesempatan dan tantangan untuk mengimplementasikan ekonomi sirkular di Indonesia.

Citarum Repair

Greeneration Foundation bersama mitra, Waste4Change dan RiverRecycle, telah menerima dana hibah dari The Benioff Ocean Initiative dan The Coca-Cola Foundation untuk merencanakan dan melaksanakan program percontohan dengan tujuan untuk mengurangi jumlah sampah di sungai di Indonesia, khususnya di Sungai Citarum, selama tiga tahun. Sungai Citarum dipilih sebagai lokasi karena sungai ini dikenal sebagai salah satu sungai terkotor di dunia. Padahal, sungai ini memiliki banyak manfaat bagi manusia. Di program ini, Greeneration Foundation berperan sebagai pemimpin program dan ahli komunikasi, sedangkan Waste4Change berperan sebagai ahli pengelolaan sampah dan RiverRecycle berperan sebagai penyedia sistem penangkap sampah sungai yang digunakan dalam program percontohan ini.

Indonesian Children Care for the Environment (ICCFTE)

Indonesian Children Care for the Environment (ICCFTE) adalah program edukasi yang fokus terhadap isu persampahan, khususnya sampah makanan. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian publik, terutama anak-anak, terhadap isu lingkungan melalui edukasi gaya hidup ramah lingkungan seperti mengurangi dan mengelola sampah makanan. Program ini juga menyediakan buku cerita yang menceritakan kehidupan dari sebuah pisang.

 

Program ini merupakan kolaborasi antara Greeneraion Foundation, IKEA Indonesia, dan Kedutaan Swedia.

Driving Refill Solutions - P4G

P4G merupakan program investasi yang didanai oleh pemerintah Denmark dan Belanda, serta dioperasionalisasikan di World Resources Institute untuk mencapai tujuan global yang berkelanjutan. Investasi dari P4G ini diberikan terhadap lebih dari 50 proyek kemitraan publik dan swasta yang menawarkan solusi inovatif untuk mendorong pertumbuhan berkelanjutan pada tiga sektor prioritas Indonesia, yakni pangan, energi bersih, dan ekonomi sirkular di berbagai negara berkembang.

Berlangganan

* Diperlukan