ID
|
17 Agustus 2022: Merdeka Hijau

17 Agustus 2022: Merdeka Hijau

Foto 1. Perayaan Kemerdekaan 17 Agustus 1945 (Pinterest)
Foto 1. Perayaan Kemerdekaan 17 Agustus 1945 (Pinterest)

Daftar Isi

Generasi Hijau, hanya dalam beberapa hari lagi kita akan memperingati HUT RI Ke-77! Tahun ini tema yang diangkat adalah “pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat”. Di peringatan hari kemerdekaan 17 Agustus 1945, kita kembali menilik kondisi lingkungan bumi pertiwi. Seperti yang kita bahas sebelumnya di artikel ini, nyatanya permasalahan lingkungan kian memburuk. Ini jadi momen untuk menyuarakan lagi dan lagi pentingnya menjaga bumi. Salah satu yang bisa dilakukan adalah menerapkan gaya hidup ramah lingkungan. Gaya hidup ini bisa diterapkan dalam menjalankan tradisi peringatan kemerdekaan. Ini dia tips 17 Agustus ramah lingkungan!

1. Menggunakan Bendera Berbahan Kain

Foto 2. Bendera Merah Putih Berbahan Kain (Garry Lotulung / Kompas.com)
Foto 2. Bendera Merah Putih Berbahan Kain (Garry Lotulung / Kompas.com)

Foto 2. Bendera Merah Putih Berbahan Kain (Garry Lotulung / Kompas.com)Setiap menjelang hari kemerdekaan, warga indonesia selalu memasang bendera merah putih di depan rumah. Hal ini dilakukan sebagai wujud penghormatan dan rasa syukur atas kemerdekaan yang diraih. Tak hanya dipasang di tiang rumah, bendera merah putih juga jadi dekorasi utama lingkungan sekitar. Sayangnya, bendera yang menjadi dekorasi seringkali berbahan plastik. Tentunya ini jadi masalah karena hanya sekali pakai dan tidak tahan lama. 

Buat Generasi Hijau yang ingin membuat dekorasi kemerdekaan ramah lingkungan, pakailah bendera kain. Meskipun harganya lebih mahal, setidaknya kamu dan warga sekitarmu bisa menggunakannya berulang kali tiap tahun. Bendera kain jauh lebih kuat dan tahan lama. 

2. Menyajikan Hidangan Tanpa Kemasan Plastik Sekali Pakai

Foto 3. Tirakatan Menyambut HUT RI (Ferli Achirulli Kamaruddin / Dreamstime)
Foto 3. Tirakatan Menyambut HUT RI (Ferli Achirulli Kamaruddin / Dreamstime)

Merayakan hari ulang tahun tak lengkap rasanya kalau tidak ada acara makan bersama. Acara ini juga jadi agenda wajib peringatan 17 Agustus. Biasanya, acara makan bersama diselenggarakan satu hari sebelumnya yang disebut tirakatan. Acara ini juga dilakukan saat hari H. Saat makan bersama, berbagai makanan khas Indonesia yang lezat tersaji untuk dinikmati bersama. Ini juga merupakan wujud syukur atas berkah kemerdekaan.

Jika lingkungan sekitar Generasi Hijau mengadakan acara makan bersama, kamu bisa menyarankan untuk menggunakan alat makan minim sampah seperti piring dan gelas kaca, sendok aluminium, tampah, serbet dan menyediakan air minum isi ulang. Cara ini sangat berguna untuk mencegah timbulan sampah plastik dan kertas. Pastikan juga porsi makanan yang tersedia cukup dan tidak berlebih. Jika berlebih, bisa dibagikan ke warga yang membutuhkan. 

3. Mengadakan Lomba Kebersihan

Foto 4. Gotong Royong Perayaan 17 Agustus (rri.co.id)
Foto 4. Gotong Royong Perayaan 17 Agustus (rri.co.id)

Mengadakan lomba kebersihan atau gotong royong bisa jadi pilihan aktivitas seru di hari kemerdekaan. Budaya gotong royong masih melekat di Indonesia. Umumnya kegiatan ini dilakukan menjelang kemerdekaan. Biar lebih seru dan semangat, gotong royong bisa jadi salah satu lomba 17 agustusan. Selain menjaga lingkungan tetap bersih dan sehat, kegiatan ini juga bagus untuk mempererat persaudaraan.

4. Membungkus Hadiah dengan Kertas Bekas

Foto 5. Kado Berbungkus Koran Bekas (Bisikan.com)
Foto 5. Kado Berbungkus Koran Bekas (Bisikan.com)

Selain gotong royong, peringatan hari kemerdekaan 17 Agustus 1945 juga akrab dengan perlombaan tradisional. Mulai dari makan kerupuk, sendok kelereng, masukkan paku dalam botol, tarik tambang, hingga panjat pinang. Kita semua pasti pernah mengikutinya. Biasanya, pemenang lomba akan mendapatkan hadiah atas kemenangannya. 

Agar perayaan 17 Agustusan minim sampah, hadiah bisa dibungkus menggunakan kertas atau koran bekas. Dengan memanfaatkan barang bekas, panitia tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membungkus hadiah. Selain itu, memanfaatkan barang bekas juga baik untuk mengurangi sampah. 

5. Memberi Hadiah Sustainable Kit

Foto 6. Sustainable Kit Hadiah 17 Agustus (Renaud Vejus / Dreamstime)
Foto 6. Sustainable Kit Hadiah 17 Agustus (Renaud Vejus / Dreamstime)

Selain membungkus hadiah dengan kertas bekas, panitia perayaan 17 Agustusan  juga dapat memberikan hadiah berupa sustainable kit. Hadiah yang diberikan seperti sedotan bambu atau stainless steal, tas belanja ramah lingkungan, kotak bekal, botol minum, loaf, dan sabun organik. Lewat pemberian hadiah tersebut, kamu juga bisa mengkampanyekan gaya hidup ramah lingkungan

Alhasil, wawasan warga sekitarmu tentang pentingnya menjaga lingkungan akan bertambah. Hadiah ini bisa jadi modal mereka untuk mulai menerapkan gaya hidup ramah lingkungan.

6. Mengabadikan Momen Kemerdekaan Ramah Lingkungan

Foto 7. Video Dokumentasi Peringatan HUT RI Benda Baru Pamulang (Youtube)
Foto 7. Video Dokumentasi Peringatan HUT RI Benda Baru Pamulang (Youtube)

Saat memperingati kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 2022 nanti, pasti banyak generasi muda yang membagikan momen kemerdekaan di media sosial. Buat Generasi Hijau yang sudah menerapkan gaya hidup ramah lingkungan dalam perayaan kemerdekaan, jangan lupa abadikan momen #MerdekaHijau kamu! Sebarkan juga semangat #MerdekaHijau ke pengikut media sosial kamu. Kamu bisa membuat konten instagram story, feed, reels, video tiktok, bahkan konten YouTube. Media sosial adalah wahana yang paling ampuh untuk menyebarluaskan awareness. Sebagai generasi digital, manfaatkan media sosial untuk menebar kebaikan bagi masa depan bumi dan Indonesia!

7. Melakukan Kampanye Menjaga Bumi Pertiwi

Foto 8. Kampanye Bersih Pantai HUT RI EcoRanger (Rendra Rafsanjani Arifin / EcoRanger)
Foto 8. Kampanye Bersih Pantai HUT RI EcoRanger (Rendra Rafsanjani Arifin / EcoRanger)

Pada momen kemerdekaan ini, penting untuk kita menggencarkan lagi kampanye untuk selamatkan lingkungan. Kampanye bisa dilakukan dengan melakukan sosialisasi, bergotong royong, kampanye media sosial, hingga mengadakan kegiatan restorasi lingkungan tertentu. Kampanye ini sebaiknya dilakukan dan dikelola berkelompok agar dampaknya semakin besar. Melalui kampanye selamatkan lingkungan, Kamu dan kelompok warga sekitarmu bisa belajar dan beraksi bersama untuk memulihkan bumi.

Itu dia tips rayakan kemerdekaan ramah lingkungan yang bisa Generasi Hijau terapkan. Di usia Indonesia yang akan menginjak 77 tahun ini, ayo jadi bagian dari #MerdekaHijau dengan mendukung penerapan konsumsi dan produksi yang berkelanjutan. Kamu juga bisa berkolaborasi dengan kami di sini untuk mengupayakan Indonesia bebas sampah.

Referensi

Cara Merayakan 17 Agustus Ramah Lingkungan Archives. (n.d.). Sustaination. Retrieved August 11, 2022.

4 Trend Gaya Hidup Ramah Lingkungan Anti Mainstream. (2022, February 21). Greeneration. Retrieved August 11, 2022.

Kementerian Sekretariat Negara. (2017, January 11). Pedoman Identitas Visual 77 Tahun Kemerdekaan Indonesia. Retrieved August 11, 2022.

Ingin Terus Mendapatkan Informasi Terbaru Kami? Berlangganan Sekarang

Dengan berlangganan kamu telah menyetujui Kebijakan Privasi yang berlaku.

img 9429 cleanup

Mau up-date tentang kondisi lingkungan terkini?
Berlangganan sekarang!

Masukkan e-mailmu dan kami akan kirimkan berbagai informasi lingkungan menarik dan berbobot hanya untuk kamu, Generasi Hijau!

Dengan berlangganan kamu telah menyetujui Kebijakan Privasi yang berlaku.