ID
|
3 Wisata Sungai Citarum Recommended

3 Wisata Sungai Citarum Recommended

Foto 1. Wisata Sungai Citarum (tempatwisatabandung.info)
Foto 1. Wisata Sungai Citarum (tempatwisatabandung.info)

Daftar Isi

Sungai Citarum adalah aliran air yang mengairi kehidupan masyarakat Jawa Barat. Sungai yang membentang sejauh 270 Km ini adalah sumber penghidupan penting yang menyediakan air untuk konsumsi, pengairan sawah, serta habitat hidup flora dan fauna. Dahulu, Sungai Citarum jadi kesayangan warga Jawa Barat karena airnya yang jernih. Sayangnya, sungai ini sempat mendapat predikat sungai terkotor kedua di dunia. Penyebabnya, tak lain dan tak bukan adalah pencemaran sampah dan limbah. Saat ini, kondisi Sungai Citarum sudah mulai membaik. Bahkan beberapa destinasi wisata dibuka di sepanjang aliran sungai ini. Pesona wisata alam sungai ini wajib banget Generasi Hijau kunjungi. Ini dia 3 wisata Sungai Citarum yang paling recommended buat kamu!

Situ Cisanti

Foto 2. Tugu 0 Kilometer Citarum (Harga Tiket)
Foto 2. Tugu 0 Kilometer Citarum (Harga Tiket)

Situ Cisanti  hadir untuk mengawali perjalanan wisata kamu menyusuri Sungai Citarum. Danau ini adalah hulu Sungai Citarum yang akrab disebut Kilometer 0 Citarum. Luas dari danau ini mencapai 5 hektare. Situ Cisanti terletak di Tarumajaya, Kertasari, Kota Bandung. Untuk menuju ke destinasi wisata ini, kamu perlu menempuh perjalanan selama kurang lebih 2 jam dari pusat Kabupaten Bandung. Setelah dilakukan revitalisasi oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat, danau jadi semakin cantik dan jadi objek wisata.

Situ Cisanti menawarkan keindahan pesona alam pegunungan dan hutan eukaliptus yang mengelilinya. Destinasi ini cocok kamu kunjungi untuk sekedar melepas penat dengan nuansa alam yang sejuk. Selain itu kamu bisa mengelilingi danau dengan perahu motor bersama teman dan keluarga. Untuk menikmati destinasi wisata ini, kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp 15.000 per orang.

Waduk Saguling

Foto 3. Waduk Saguling Wisata Sungai Citarum (Antara)
Foto 3. Waduk Saguling Wisata Sungai Citarum (Antara)

Tak kalah dari Situ Cisanti, Waduk Saguling juga menawarkan keindahan alam yang memesona. Sama dengan Situ Cisanti, area waduk dikelilingi pegunungan dan hutan yang asri. Keindahan panorama ini jadi buruan pengunjung untuk berfoto. Pengunjung juga bisa berkemah di bantaran waduk untuk menikmati suasana malam dengan langit penuh bintang. Uniknya, di waduk ini terdapat Bunker Batujajar sebagai peninggalan sejarah era kolonial. Bunker ini juga jadi spot foto favorit pengunjung. Jangan lupa, waduk ini memiliki pulau kecil bernama Sirtowo yang juga bisa kamu kunjungi. Untuk Generasi Hijau yang ingin berwisata kuliner, kamu bisa menikmati berbagai hidangan lezat di rumah makan terapung. 

Selain jadi area wisata, Waduk Saguling dimanfaatkan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) dan budidaya ikan. PLTA ini mampu menghasilkan 1400 megawatt listrik. PLTA ini menyediakan listrik yang dikonsumsi seluruh warga Jawa Barat. Sementara itu, pengunjung juga bisa belajar tentang budidaya ikan di kolam tambak yang berjejer di tepian waduk. 

Sanghyang Heuleut

Foto 4. Sanghyang Heuleut (Doni Laksono/Instagram)
Foto 4. Sanghyang Heuleut (Doni Laksono/Instagram)

Sanghyang Heuleut adalah danau purba yang terletak di sekitar Waduk Saguling. Selepas mengunjungi Waduk Saguling, pas banget Generasi Hijau mengunjungi danau ini untuk mendapat pengalaman yang berbeda. Danau ini terbentuk dari letusan Gunung Sunda. Aliran air yang mengaliri danau ini berasal dari aliran Sungai Citarum Purba. Aliran Sungai Citarum mengalir ke danau dan membentuk air terjun yang menambah keindahan. Pengelola wisata menarik tarif Rp 15.000 saja untuk menikmati wisata di sini. Kawasan wisata ini berlokasi di Kampung Cipanas, Rajamandala Kulon, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat.

Untuk menikmati keindahan danau, kamu harus sedikit berjuang karena harus trekking selama kurang lebih satu jam. Namun, jerih payah kamu akan terbayar dengan kejernihan dan kesegaran air yang menggoda untuk berenang. Oleh karena itu, pengelola menyediakan persewaan pelampung buat kamu yang ingin mencicipi kesegaran air danau. Kamu yang tidak mau berenang bisa berfoto di sekitaran danau yang dikelilingi panorama tebing dan pegunungan. Satu lagi aktivitas seru yang bisa kamu lakukan disini, eksplor goa tersembunyi! Ya, di sini terdapat dua goa tersembunyi yaitu Goa Sanghyang Tikoro dan Sanghyang Poek. 

Itulah pesona 3 wisata Sungai Citarum yang sayang untuk dilewatkan. Untuk menjaga keindahannya, kita harus menjaga kebersihan dan kelestarian ekosistem Sungai Citarum. Jangan sampai Sungai ini mendapat julukan terkotor untuk kedua kalinya. Menerapkan perilaku konsumsi dan produksi yang berkelanjutan adalah salah satu solusi yang bisa kita lakukan bersama. Upaya ini juga didukung oleh program Citarum Repair yang berusaha menuntaskan masalah sampah plastik di Sungai Citarum.

Referensi

Ikrar, S. (n.d.). Waduk Saguling, Objek Wisata Alam dengan Panorama Memukau di Bandung. JavaTravel. Retrieved August 28, 2022.

Ilham, R. (n.d.). Sanghyang Heuleut, Danau Purba yang Eksotis di Bandung Barat. Bandoeng. Retrieved August 28, 2022.

Situ Cisanti Tiket & Aktivitas – Agustus 2022. (2022, March 4). Travelspromo. Retrieved August 28, 2022.

Ingin Terus Mendapatkan Informasi Terbaru Kami? Berlangganan Sekarang

Dengan berlangganan kamu telah menyetujui Kebijakan Privasi yang berlaku.

img 9429 cleanup

Mau up-date tentang kondisi lingkungan terkini?
Berlangganan sekarang!

Masukkan e-mailmu dan kami akan kirimkan berbagai informasi lingkungan menarik dan berbobot hanya untuk kamu, Generasi Hijau!

Dengan berlangganan kamu telah menyetujui Kebijakan Privasi yang berlaku.