ID
|
5 Rekomendasi Restoran dan Kafe Ramah Lingkungan

5 Rekomendasi Restoran dan Kafe Ramah Lingkungan

Foto Menu Ijen (www.potatohead.co)
Foto Menu Ijen (www.potatohead.co)

Daftar Isi

Kembali lagi dengan Artikel HPSN Series #3! Pada series sebelumnya kita mulai tahu untuk menyelesaikan permasalahan sampah di Indonesia. Salah satu  peran yang sangat penting adalah peran pelaku industri. Jika sebelumnya kita melihat peran industri pengelolaan sampah, kini kami hadir untuk menunjukkan peran restoran untuk kurangi sampah organik maupun anorganik agar ramah lingkungan.

Peran industri kuliner dalam menangani sampah yang dihasilkan sangat krusial karena tiap aktivitasnya mulai dari produksi, pengemasan, hingga konsumsi berpotensial besar menghasilkan sampah. Pelaku industri dan konsumen memainkan peran penting untuk meminimalisir sampah yang dihasilkan.

Berikut 5 rekomendasi restoran dan kafe ramah lingkungan dan minim sampah yang bisa sobat hijau kunjungi. Bersama mereka, kita bisa menyantap makanan dan minuman nikmat tanpa merasa bersalah akan sampah yang dihasilkan.

Jong Won, Jawa Tengah

Foto Grilled Beef Restoran Ramah Lingkungan (Shafiyah Setyaningsih / brisik.id)
Foto Grilled Beef Restoran Ramah Lingkungan (Shafiyah Setyaningsih / brisik.id)

Untuk sobat hijau penggemar kuliner korea yang tinggal atau sedang berlibur di kawasan Temanggung, kamu bisa mengunjungi restoran korea Jong Won yang minim sampah dan ramah lingkungan. Jong Won menerapkan konsep bebas tisu, minim plastik sekali pakai, serta serta menggunakan kemasan biodegradable untuk makanan take away.

Lalu bagaimana penerapan konsep minim sampah di Jong Won? Untuk mengurangi sampah plastik, Jong Won tidak menyediakan sedotan dan gelas plastik untuk minumannya. Selain itu, fungsi tisu juga digantikan oleh kain lap. Jong Won juga mengelola sampahnya mulai dari pemilahan hingga daur ulang. Sampah organik yang telah terpilah dibuat maggot untuk pakan ternak dan ikan. Sementara sampah anorganiknya diserahkan ke KSM Maduasri untuk didaur ulang. Uniknya, restoran Korea satu ini memanfaatkan hasil kebun pribadi sebagai bahan makanannya.

Saat berkunjung ke Jong Won, kamu dapat menikmati hidangan khas Korea seperti kimbap, grilled beef salad, bingsoo, dan masih banyak lagi hidangan lainnya yang nikmat. Harga makanan disini juga sangat murah. Harga makanan dan minuman berkisar dari Rp13.000 – Rp70.000 saja.

Stuja Coffee, Jakarta

Foto Menu Kopi Stuja Coffee (Stuja Coffee / Instagram)
Foto Menu Kopi Stuja Coffee (Stuja Coffee / Instagram)

Kafe milik pasangan selebriti Ayudia Bing Slamet dan Ditto Percussion ini hadir untuk memberikan kenikmatan menyeruput kopi tanpa menghasilkan sampah plastik. Jika kebanyakan kafe menggunakan gelas, sedotan, dan botol plastik untuk kemasan minuman, Stuja Coffee menggunakan botol dan plastik organik yang terbuat dari jagung dan singkong sebagai kemasan kopinya. Tak hanya kemasan kopi, kantong plastik untuk membawa pesanan take-away juga terbuat dari plastik organik olahan kompos. Agar pelanggan bisa belajar memilah sampah, mereka juga menyediakan tempat sampah terpilah.

Di Stuja Coffee kamu bisa menikmati berbagai pilihan kopi seperti kopi susu, americano, macchiato mulai dari harga Rp22.000. Buat kamu yang gak suka kopi kamu bisa mencoba green tea latte, almond milk, iced chocolate, dan peach tea mulai dari harga Rp26.000 saja. Untuk menemani kopimu, sobat hijau bisa memesan makanan dan camilan seperti aneka nasi goreng, mie, siomay, tahu goreng, bakwan dan lainnya.

Stuja Coffee cabangnya kini tersebar di beberapa wilayah. Kamu dapat mengunjungi Stuja Coffee di Cipete, Jakarta dan Kerobokan, Bali.

Ijen, Bali

Foto Ijen Restoran Ramah Lingkungan (www.potatohead.co)
Foto Ijen Restoran Ramah Lingkungan (www.potatohead.co)

Ijen adalah restoran pertama di Indonesia yang menerapkan konsep zero-waste. Restoran yang berlokasi di Kerobokan, Bali ini menerapkan zero-waste mulai dari arsitektur bangunan, produksi makanan, hingga penyajian makanan. Totalitas dalam menjaga bumi diterapkan dengan sepenuh hati oleh restoran ini.

Arsitektur bangunannya ramah lingkungan karena semen lantainya dibuat dari campuran pecahan piring dan gelas kaca. Bahan kayu yang mudah didaur ulang juga banyak digunakan sebagai furnitur dan desain interior restoran. Hal ini patut diadaptasi oleh berbagai industri kuliner karena belum banyak yang menerapkan konsep minim sampah hingga ke arsitektur bangunan. 

Dari segi produksi makanan, Ijen juga menyuplai bahan makanan dari produk lokal sekitar. Sayuran dibeli dari petani lokal dan Ikan dibeli dari tangkapan nelayan. Ijen juga bekerjasama dengan pemasok bahan yang tidak menggunakan kemasan plastik sekali pakai. Proses memasak makanannya pun menggunakan kayu bakar. Bahan yang segar dan proses memasak menggunakan kayu membuat citarasa makanan jadi lebih nikmat dan segar. 

Penyajian makanan Ijen juga tidak menggunakan plastik sekali pakai. Mereka menggunakan, daun pisang, piring dan gelas keramik, serta mangkok dan sendok kayu.

Untuk pengolahan sampah, mereka memisahkan sampah organik dan anorganiknya. Sampah organik mereka olah menjadi pakan ternak dan kompos. Untuk sampah anorganik akan diolah di industri daur ulang.

Ijen tergolong restoran mewah. Jadi hidangan yang disediakan berkualitas premium dengan harga yang sesuai kualitasnya. Ijen menyediakan ragam makanan tradisional Indonesia seperti seafood bakar dan makanan western seperti barbeque. Rentang harga dipatok sekitar Rp.25.000 hingga ratusan ribu rupiah.

Retrorika Coffee & Bar, Jawa Timur

Foto Menu Retrorika Coffee & Bar (Retrorika Coffee & Bar / Instagram)
Foto Menu Retrorika Coffee & Bar (Retrorika Coffee & Bar / Instagram)

Retrorika Coffee & Bar adalah wujud nyata kontribusi dari pemiliknya yang bekerja di ranah konservasi lingkungan. Berlokasi di kawasan wisata Batu, Malang, kafe ini populer di kalangan muda-mudi yang gemar menghabiskan waktunya nongkrong di kafe estetik bersama teman-teman. Mengusung konsep vintage, berbagai sudut kafe ramah lingkungan ini yang dihiasi dekorasi daur ulang barang bekas menjadi daya tarik istimewa untuk pengunjung.

Untuk mendukung konsep ramah lingkungan, kafe ini tidak menyediakan kemasan plastik sekali pakai, sedotan plastik, dan tisu. Untuk mengurangi sampah sisa makanan, mereka menekankan kepada pelanggan untuk memesan makanan secukupnya. Untuk mengganti kemasan plastik sekali pakai, mereka menyediakan besek untuk pesanan take-away. Sedotan plastik diganti dengan sedotan stainless steel. Sama dengan Jong Won mereka mengganti tisu dengan kain lap.

Untuk pengolahan sampah, mereka juga menerapkan sistem pilah dan daur ulang sampah. Sampah organik mereka daur ulang menjadi kompos. Berbagai furnitur yang digunakan kafe ini juga mengusung tema daur ulang mulai dari kursi, meja, dan beragam hiasan dinding yang berasal dari daur ulang jendela.Kafe vintage ramah lingkungan ini menyediakan berbagai hidangan nusantara dengan harga yang terjangkau. Kamu bisa menikmati kopi lokal yang dibandrol Rp11.000 – Rp20.000. Untuk makanan, kamu bisa menyantap bakmi jawa, nasi goreng, dan soto dengan hanya merogoh kocek Rp12.000 – Rp30.000 saja.

Burgreens, Jakarta

Foto Menu Burgreens (www.burgreens.com)
Foto Menu Burgreens (www.burgreens.com)

Berbeda dengan restoran sebelumnya Burgreens adalah restoran vegetarian yang juga mengusung konsep ramah lingkungan. Burgreens sudah memiliki lebih dari 4 cabang yang tersebar di beberapa wilayah Indonesia. Burgreens sangat menjaga konsistensi kualitas makanannya sehingga menggunakan sistem central kitchen.

Konsep ramah lingkungan Burgreens diwujudkan dengan penggunaan kemasan plastik dari singkong yang bisa terurai, alat makan dari kayu, dan sedotan kertas. Burgreens juga memanfaatkan hasil kebun petani lokal sebagai bahan baku makanan.

Meskipun semua makanan berbahan dasar nabati, soal rasa tidak perlu diragukan. Burgreens terkenal dengan citarasa makanan yang nikmat bagi non vegan walaupun berbahan dasar nabati. Bersantap di Burgreens kamu bisa menikmati makanan vegetarian dengan rentang harga Rp35.000 – Rp188.000. Buat sobat hijau yang sedang diet juga bisa memesan paket meal plan dengan harga mulai dari Rp375.000.

Dari berbagai upaya yang telah dilakukan beberapa industri kuliner di atas, ternyata bukan tidak mungkin konsep minim sampah diterapkan di kafe dan restoran. Poinnya, seluruh pelaku industri kuliner harus sepakat jika berbisnis tidak harus selalu berorientasi pada keuntungan materi. Bisnis yang menguntungkan tetap bisa memperhatikan aspek keberlanjutan lingkungan. Sebagai konsumen tentunya kita juga harus mendukung pelaku industri untuk menerapkan sistem konsumsi dan produksi yang berkelanjutan dengan mematuhi aturan yang mereka tetapkan dan menyebarkan semangat gaya hidup ramah lingkungan.

Jika pelaku industri sudah mulai berupaya untuk mengatasi masalah sampah di Indonesia, kita sebagai konsumen tentunya juga tidak boleh kalah dalam berkontribusi. Nantikan artikel HPSN Series berikutnya yang akan memberikan tips gaya hidup ramah lingkungan anti mainstream buat sobat hijau!

Artikel ini merupakan series ke-3 Artikel Hari Peduli Sampah Nasional 2022 Series.

Referensi
  • Budaya Makanan dan Lingkungan Sehat Ala Burgreens. (2018, August 25). Katadata. Retrieved February 9, 2022, from https://katadata.co.id/pingitaria/berita/5e9a55dd0fa10/budaya-makanan-dan-lingkungan-sehat-ala-burgreens
  • Ghasani, D. A. (n.d.). Stuja Coffee – Tempat Ngopi di Jakarta yang Ramah Bumi Milik Ayudia dan Ditto. Tempat.com. Retrieved February 9, 2022, from https://tempat.com/blog/stuja-coffee-tempat-ngopi-di-jakarta-yang-ramah-bumi-milik-ayudia-dan-ditto/
  • Membangun Kawasan Ramah Lingkungan Lewat Restoran. (2020, November 3). Media Indonesia. Retrieved February 9, 2022, from https://mediaindonesia.com/nusantara/357785/membangun-kawasan-ramah-lingkungan-lewat-restoran
  • Retrorika Coffee Bar & Resto, Kafe Unik di Kota Batu, Malang. (2019, Oktober 13). Kumparan. Retrieved Februari 9, 2022, from https://kumparan.com/fery-arifian/retrorika-coffee-bar-and-resto-kafe-unik-di-kota-batu-malang-1s2tmR9H42J/2
  • Robinson, J. (n.d.). Zero-waste restaurant Ijen takes recycling to the extreme. The Spaces. Retrieved February 9, 2022, from https://thespaces.com/zero-waste-restaurant-ijen-takes-recycling-to-the-extreme/
Ingin Terus Mendapatkan Informasi Terbaru Kami? Berlangganan Sekarang

Dengan berlangganan kamu telah menyetujui Kebijakan Privasi yang berlaku.

img 9429 cleanup

Mau up-date tentang kondisi lingkungan terkini?
Berlangganan sekarang!

Masukkan e-mailmu dan kami akan kirimkan berbagai informasi lingkungan menarik dan berbobot hanya untuk kamu, Generasi Hijau!

Dengan berlangganan kamu telah menyetujui Kebijakan Privasi yang berlaku.