ID
|
Banjir Hanyutkan Sampah di Bogor dan Bandung

Banjir Hanyutkan Sampah di Bogor dan Bandung

Genangan Banjir Penuh Sampah (Kompasiana)
Genangan Banjir Penuh Sampah (Kompasiana)

Daftar Isi

Banjir kembali melanda beberapa wilayah di Indonesia seperti Kota Bogor dan Kota Bandung. Banjir menghanyutkan sampah ke jalanan dan pemukiman warga yang tergenang banjir. 

Sejak bulan Oktober, Indonesia telah memasuki musim penghujan. Seperti musim-musim hujan tahun sebelumnya, bencana banjir terus melanda beberapa daerah yang curah hujannya sangat tinggi. Akibatnya, kerugian materil hingga korban jiwa tidak bisa dihindari. 

Curah hujan tinggi menyebabkan debit air pada sungai dan saluran air naik. Terbatasnya daerah resapan air dan tersumbatnya saluran air oleh sampah menyebabkan banjir yang menggenangi pemukiman. Beberapa waktu ini, banjir yang terjadi seakan menegur masyarakat dengan mengembalikan sampah yang mereka buang ke lingkungan. Contohnya banjir yang terjadi di Bogor dan Bandung turut membawa sampah ke kawasan pemukiman.

Banjir Sampah Plastik di Bogor

Banjir Sampah di Bogor (Tribunnews Bogor)
Banjir Sampah di Bogor (Tribunnews Bogor)

Warga Bogor baru-baru ini dihebohkan dengan beredarnya video yang memperlihatkan banyak kantong plastik berisi sampah hanyut saat banjir. Peristiwa ini terjadi di Kelurahan Cikaret, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor. Banjir yang terjadi pada hari Kamis, 3 November 2022 lalu menghanyutkan sampah yang terkumpul di Tempat Pembuangan Sementara (TPS). Akibatnya, banyak sampah yang berserakan di sekitar rumah warga setelah banjir surut.

Setelah air surut, perangkat desa menggerakkan warga untuk membersihkan lingkungan dari sampah-sampah plastik yang tadinya mengambang. Warga juga bergotong royong membersihkan selokan agar banjir tidak terjadi lagi. Kedepannya, perangkat desa berencana mengajukan pembangunan TPS permanen ke Dinas Lingkungan Hidup Kota Bogor agar kejadian serupa tidak terulang. 

Bandung Dilanda Banjir Sampah

Banjir di Kawasan Gedebage, Bandung (Raisan Al Farisi / ANTARA FOTO)
Banjir di Kawasan Gedebage, Bandung (Raisan Al Farisi / ANTARA FOTO)

Tidak hanya Bogor, Kota Bandung yang merupakan ibu kota Provinsi Jawa Barat juga tidak luput dari banjir. Banjir yang melanda kawasan Gedebage ini terjadi pada hari Senin, 3 Oktober 2022. Banjir yang terjadi juga menghanyutkan sampah-sampah ke ruas jalan utama. Sampah organik dan anorganik seperti plastik mengambang sejauh 100 meter di jalanan. 

Pemerintah setempat memaparkan penyebab banjir di kawasan ini sangat kompleks. Tidak hanya faktor alam seperti curah hujan yang tinggi, namun juga ada campur tangan ulah manusia. Kawasan langganan banjir ini sangat minim infrastruktur penanganan banjir. Kebiasaan masyarakat membuang sampah sembarangan pada saluran air seperti sungai dan selokan turut memperburuk keadaan. 

STOP Pencemaran Sampah untuk atasi Banjir

Edukasi Pengelolaan Sampah Oleh DRS (Greeneration Foundation)
Edukasi Pengelolaan Sampah Oleh DRS (Greeneration Foundation)

Miris rasanya melihat betapa tidak akurnya hubungan kita sebagai manusia dengan alam. Perusakan alam yang kita lakukan dengan mengabaikan sampah yang kita buang dibalas langsung oleh alam dengan menggenangi jalanan dan rumah kita dengan air dan tumpukan sampah. Lalu, sampai kapan kita mau balas-membalas keburukan dengan alam?

Jika kamu mau berbaik hati sedikit saja dengan alam, yuk pelan-pelan belajar bertanggung jawab dengan sampah yang kita hasilkan. Sudah kewajiban kita lho untuk memastikan sampah berakhir di tempat yang tepat. Lebih baik lagi kalau kita bisa mengurangi sampah yang dihasilkan. Mulai saja dari mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, menghabiskan makanan kamu, dan menggunakan ulang barang-barang yang masih layak pakai. 

Greeneration Foundation juga terus bergerak mengajak masyarakat untuk menerapkan gaya hidup berkelanjutan dengan memperhatikan pola konsumsi dan produksi masyarakat. Gerakan kami dibawa oleh program Driving Refill Solution (DRS) yang memiliki misi untuk membiasakan masyarakat mengurangi penggunaan plastik sekali pakai. Program ini menyasar warga Jakarta yang rentan terdampak bencana banjir akibat buruknya sistem pengelolaan sampah dan curah hujan yang tinggi.

Referensi

Banjir Penuh Sampah Landa Cikaret Bogor | Republika Online. (2022, November 4). Repjabar. Retrieved November 8, 2022.

Kompleksnya Persoalan Banjir di Kawasan Gedebage Bandung. (2022, October 4). Detikcom. Retrieved November 8, 2022. 

Ingin Terus Mendapatkan Informasi Terbaru Kami? Berlangganan Sekarang

Dengan berlangganan kamu telah menyetujui Kebijakan Privasi yang berlaku.

img 9429 cleanup

Mau up-date tentang kondisi lingkungan terkini?
Berlangganan sekarang!

Masukkan e-mailmu dan kami akan kirimkan berbagai informasi lingkungan menarik dan berbobot hanya untuk kamu, Generasi Hijau!

Dengan berlangganan kamu telah menyetujui Kebijakan Privasi yang berlaku.