ID
|
Ganti Transportasimu, Harga BBM Naik!

Ganti Transportasimu, Harga BBM Naik!

Penumpang Bus Trans Jakarta Menunggu Bus (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)
Penumpang Bus Trans Jakarta Menunggu Bus (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Daftar Isi

Harga BBM naik lagi, masyarakat bisa mengakalinya dengan mengganti moda transportasi. Coba ganti kendaraan bermotor pribadi jadi transportasi umum dan transportasi ramah lingkungan.

Generasi Hijau ikut pusing dengan naiknya harga BBM? Sebagai konsumen, kita tidak punya pilihan lain selain mengikuti kebijakan yang berlaku. Tapi, kita tetap bisa menghemat pengeluaran untuk transportasi dengan mengganti moda transportasi. Ini opsi transportasi yang bisa Generasi Hijau gunakan untuk mobilitas sehari-hari.

1. Kereta Api

Situasi di dalam KRL Jogja-Solo (Binti Sholikah / Republika)
Situasi di dalam KRL Jogja-Solo (Binti Sholikah / Republika)

Kereta api bisa jadi pilihan Generasi Hijau yang terdapat layanan kereta api jarak dekat atau dalam kota. Buat kamu yang tinggal di Jakarta ada MRT dan KRL yang jadi salah satu transportasi umum favorit warga yang bebas macet dan terjangkau. Kereta api jarak dekat di Jakarta menawarkan pilihan rute yang banyak untuk mengakomodasi seluruh kebutuhan warganya. Di Bandung, Yogyakarta, dan Solo juga ada kereta api lokal yang bisa jadi pilihan. Meskipun rutenya belum sebanyak di Jakarta, banyak masyarakat yang bergantung pada kereta api untuk berangkat bekerja maupun sekolah setiap harinya.

Antusiasme masyarakat untuk menggunakan kereta api membawa dampak baik seperti mengurangi kemacetan, mengurangi jumlah kendaraan bermotor, dan membatasi emisi karbon yang dihasilkan. Meskipun berdampak baik, sayangnya layanan kereta api jarak dekat belum merata terdapat di seluruh Indonesia. Saat ini hanya sebagian kota besar di Pulau Jawa saja yang baru bisa menikmati layanan ini.

2. Bus Trans Kota

Transportasi Umum Trans Metro Pekanbaru (John Veerkamp)
Transportasi Umum Trans Metro Pekanbaru (John Veerkamp)

Bus Trans Kota bisa jadi transportasi umum pilihan Generasi Hijau di lebih banyak wilayah di Indonesia. Tidak hanya di Jawa, Layanan ini juga sudah tersedia di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali, Papua, Maluku, NTT, dan NTB. Sama seperti kereta api, bus ini harganya sangat terjangkau. Bus ini banyak digunakan oleh siswa, karyawan, dan masyarakat umum lainnya. Masyarakat memilih transportasi ini karena mudah dijangkau, nyaman dan keamanannya cukup baik, dan dapat diakses oleh warga yang jarak dari tempat tinggal ke kota cukup jauh. Beberapa bus trans seperti di Jakarta memiliki jalur khusus sehingga bisa menghindari kemacetan. Namun, di wilayah lainnya di Indonesia, tidak semuanya memiliki jalur khusus. Sehingga, jika jalanan macet, juga akan berdampak pada perjalanan bus.

3. Transportasi Umum Tradisional

Penumpang Becak Kawasan Malioboro (Rahman / Gudeg.net)
Penumpang Becak Kawasan Malioboro (Rahman / Gudeg.net)

Ada yang unik di Indonesia yaitu, kita masih memiliki moda transportasi umum tradisional. Becak, angkot, dan delman jadi transportasi umum yang masih eksis hingga sekarang. Menariknya, transportasi umum tradisional tak hanya jadi kebutuhan transportasi sehari-hari, banyak yang menggunakannya sebagai atraksi wisata. Tentunya ini memberikan pengalaman menarik bagi wisatawan merasakan naik transportasi tradisional yang belum tentu ada di wilayah tempat tinggalnya. 

Transportasi tradisional punya banyak fungsi. Selain jadi atraksi wisata, transportasi tradisional juga bisa dimanfaatkan sebagai alat angkut barang. Oleh karena itu, moda ini juga sangat mudah ditemukan di area pasar yang banyak membutuhkan angkutan barang.

4. Sepeda

Bersepeda di Kisaran Kota (Arif Saputra / detik.com)
Bersepeda di Kisaran Kota (Arif Saputra / detik.com)

Sepeda bisa jadi opsi kendaraan pribadi yang Generasi Hijau gunakan untuk menggantikan kendaraan bermotor. Kamu bisa menggunakan sepeda untuk mobilisasi ke kantor, sekolah, pasar, tempat wisata, dan pusat perbelanjaan. Bepergian menggunakan sepeda membuatmu tidak harus merogoh kocek untuk membeli bensin. Selain itu, sepeda juga jadi kendaraan yang sangat ramah lingkungan karena tidak menghasilkan emisi gas karbon. 

Membangun kebiasaan bersepeda juga bisa membantu Generasi Hijau untuk tetap sehat dengan olahraga. Bahkan, sejak pandemi Covid-19, bersepeda sempat jadi trend olahraga yang digemari sejuta umat. Banyak orang-orang yang membagikan momen bersepeda membuat tren makin tersebar luas. Tentunya, tren ini jadi momentum baik untuk membiasakan masyarakat menggunakan sepeda lagi. Jika tidak digunakan untuk transportasi jarak jauh, setidaknya sepeda bisa jadi andalan untuk mobilitas dekat. 

5. Jalan Kaki

Karyawan di Jakarta Berjalan Kaki Menuju Kantor (Ramdani / Media Indonesia)
Karyawan di Jakarta Berjalan Kaki Menuju Kantor (Ramdani / Media Indonesia)

Untuk mengurangi penggunaan kendaraan bermotor, Generasi Hijau bisa mengandalkan kaki sendiri untuk mobilisasi. Jalan kaki jadi solusi paling mudah dan instan. Meskipun jalan kaki bukan jadi solusi paling nyaman untuk mengakses tempat tujuan yang tidak dekat dari tempat tinggal, Jalan kaki bisa memberikan banyak manfaat. Dengan berjalan kaki, kamu bisa menghemat pengeluaran bensin, berolahraga biar tetap sehat, dan berkontribusi mengurangi polusi serta kemacetan. Meskipun belum jadi budaya masyarakat Indonesia, kamu bisa lho memulai langkah lebih awal untuk kurangi penggunaan kendaraan bermotor. Biar jalan kaki kamu tetap menyenangkan, kamu bisa jalan kaki sambil mengobrol dengan teman, mendengar musik, dan mengamati hal yang ada disekitar jalan yang kamu lewati. 

Nah itu dia jawaban dari masalah kenaikan harga BBM yang memberatkan banyak pihak. Meskipun kita semua masih belum benar-benar bisa lepas dari ketergantungan energi fosil, setidaknya kita bisa mulai membiasakan diri dengan menggunakan transportasi umum, bersepeda, dan berjalan kaki untuk melancarkan mobilitas tanpa membebani lingkungan. Pemerintah juga perlu memaksimalkan pembangunan fasilitas transportasi umum yang saat ini masih kurang memadai. 

Referensi

10 Kendaraan Tradisional, Saat Orang Bicara Mobil Listrik Mereka Makin Tersisih. (2021, April 3). Travel. Retrieved September 19, 2022.

Tren sepeda di 2020, bisakah bertahan di 2021? (2021, January 3). BBC. Retrieved September 19, 2022.

Ingin Terus Mendapatkan Informasi Terbaru Kami? Berlangganan Sekarang

Dengan berlangganan kamu telah menyetujui Kebijakan Privasi yang berlaku.

img 9429 cleanup

Mau up-date tentang kondisi lingkungan terkini?
Berlangganan sekarang!

Masukkan e-mailmu dan kami akan kirimkan berbagai informasi lingkungan menarik dan berbobot hanya untuk kamu, Generasi Hijau!

Dengan berlangganan kamu telah menyetujui Kebijakan Privasi yang berlaku.