ID
|
Kampanye Zero-waste Week untuk Bumi

Kampanye Zero-waste Week untuk Bumi

Foto 1. Poster Kampanye Zero-waste week (Rebecca / Pinterest)
Foto 1. Poster Kampanye Zero-waste week (Rebecca / Pinterest)

Daftar Isi

Generasi Hijau, saat ini kita sedang ada di minggu peringatan zero-waste week international. Di minggu ini, banyak pegiat lingkungan dan aktivis zero-waste mengkampanyekan penerapan zero-waste lifestyle. Semangat ini digerakkan untuk melindungi bumi dari polusi sampah yang kian memburuk. Ingin tahu lebih jauh tentang zero-waste week? Simak selengkapnya di sini!

Zero-waste Week

Foto 2. Rachel Strauss (House of Strauss)
Foto 2. Rachel Strauss (House of Strauss)

Kampanye zero-waste week dimulai dari kegelisahan Rachelle Strauss yang menjadi korban bencana banjir di Boscastle pada tahun 2004. Ia menyadari kalau banjir yang terjadi di daerahnya juga akibat dari perubahan iklim yang dipicu perilaku manusia yang merusak alam. Sejak saat itu, ia dan keluarganya berusaha mengubah gaya hidupnya jadi lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan. Ia kemudian membuat sebuah website  MyZeroWaste.com. Melalui website tersebut, Rachel membagikan berbagai tips dan informasi menarik tentang zero-waste lifestyle. Lalu, ia mencetuskan kampanye zero-waste week pertama kalinya pada 9-10 September 2008.  

Kampanye ini awalnya fokus untuk mengurangi sampah yang dihasilkan dalam skala rumah tangga, industri, sekolah dan komunitas dengan cara daur ulang. Kampanye ini diawali dari gerakan akar rumput. Dampak yang diberikan zero-waste week adalah hadirnya berbagai inovasi pengurangan sampah seperti kompos, plastik biodegradable, dan kemasan biodegradable. Berkat kontribusinya lewat zero-waste week, Rachelle memenangkan penghargaan Hot 100 List 2014. Tentunya, mendapat penghargaan bukan tujuan utama Rachelle, ia selalu semangat memberikan kontribusi untuk mengatasi masalah perubahan iklim dengan mengurangi sampah.

Misi Zero-waste Week untuk Bumi

Foto 3. Belanja Tanpa Kantong Plastik (Unimmafm)
Foto 3. Belanja Tanpa Kantong Plastik (Unimmafm)

Berawal dari gerakan sebuah keluarga, kampanye ini meluas hingga ke mancanegara. Berawal dari Inggris, saat ini sudah ada 76 negara yang mengikuti kampanye ini tiap tahunnya. Kampanye ini memiliki misi untuk menyadarkan manusia akan bahaya sampah bagi keberlanjutan lingkungan. Oleh karena itu, gagasan zero-waste hadir untuk mengurangi sampah yang kita hasilkan sehari-hari dengan gaya hidup yang lebih ramah lingkungan. 

Kampanye zero-waste ini digalakkan untuk berbagai lini masyarakat. Mulai dari pemerintah, masyarakat, hingga pelaku industri. Setiap elemen tersebut memiliki peran penting untuk membangun gaya hidup minim sampah yang bersinergi. 

Ayo Ikuti Kampanye Zero-waste Week!

toko nol sampah di bandung 1 169
Foto 4. Toko Nol Sampah (Raisan Al Farisi / ANTARA Foto)

Generasi Hijau juga bisa mengikuti kampanye ini dengan menerapkan beberapa tips sederhana ini untuk kurangi sampah. Untuk mengurangi sampah, pertama kamu bisa menggunakan kemasan guna ulang. Cara ini efektif untuk mengurangi sampah plastik dari bungkus makanan maupun botol minuman. Kamu bisa membawa tumbler dan kotak bekal kemanapun kamu pergi. Kedua, kamu bisa memperpanjang masa penggunaan barang-barang dengan alih fungsi maupun mendonasikan barang yang tidak terpakai. Contohnya, baju bekas yang sudah tak terpakai bisa kamu gunakan untuk kain lap dan yang masih layak pakai bisa kamu donasikan. Ketiga, kamu dapat mendaur ulang sampah organik maupun anorganik yang kamu hasilkan. Sampah anorganik dapat kamu daur ulang dengan membuat ecobrick sedangkan sampah organik bisa didaur ulang jadi kompos maupun eco-enzyme.

Banyak sekali cara yang bisa kamu lakukan untuk mengelola sampah secara berkelanjutan. Bahkan, saat ini kamu juga bisa berkontribusi untuk mengelola sampah yang ada di sungai hingga laut. Caranya mudah saja, kamu bisa mengikuti kampanye #KemanaSampahmu dengan mengisi quiz yang akan menguji pengetahuanmu tentang isu lingkungan. Ikut kuis bisa berkontribusi? Dengan mengikuti quiz, kamu sudah berdonasi sebesar RP 20.000. Donasimu akan digunakan untuk kegiatan River Cleanup. Jadi, tunggu apa lagi? Gabung kuisnya di www.kemanasampahmu.com.

Referensi

(n.d.). Home | MY ZERO WASTE. Retrieved September 6, 2022.

Strauss, R. (n.d.). Zero Waste Week facts. Zero Waste Week. Retrieved September 6, 2022.

What is Zero Waste Week? (2021, September 6). Zero Waste. Retrieved September 6, 2022.

Ingin Terus Mendapatkan Informasi Terbaru Kami? Berlangganan Sekarang

Dengan berlangganan kamu telah menyetujui Kebijakan Privasi yang berlaku.

img 9429 cleanup

Mau up-date tentang kondisi lingkungan terkini?
Berlangganan sekarang!

Masukkan e-mailmu dan kami akan kirimkan berbagai informasi lingkungan menarik dan berbobot hanya untuk kamu, Generasi Hijau!

Dengan berlangganan kamu telah menyetujui Kebijakan Privasi yang berlaku.