ID
|
Manfaat Bambu Sebagai Kemasan Ramah Lingkungan

Manfaat Bambu Sebagai Kemasan Ramah Lingkungan

Foto 1. Petani Bambu (catkayu.com)
Foto 1. Petani Bambu (catkayu.com)

Daftar Isi

Bambu, tanaman serbaguna ini sangat mudah ditemui di Indonesia. Tanaman ini biasa digunakan untuk membuat pondasi rumah, furnitur, kemasan, kerajinan, bahkan digunakan sebagai senjata andalan para pehlawan pejuang kemerdekaan Indonesia. Melihat ragam jenis barang yang bisa diproduksi dengan bahan baku bambu, membuka peluang peluang bisnis olahan bambu yang tentunya berkelanjutan. Bisnis yang menjanjikan untuk kesejahteraan ekonomi dan keberlanjutan lingkungan salah satunya produksi kemasan berbahan dasar bambu yang dapat didaur ulang dan digunakan berulang kali. Yuk intip manfaat bisnis kemasan bambu untuk perekonomian dan lingkungan!

Potensi Bambu di Indonesia

"Foto

Sebagai negara pengekspor bambu terbesar ke-3 di dunia, Indonesia punya potensi yang sangat baik untuk mengembangkan industri bambu yang berkelanjutan. Negara kita memiliki 176 spesies bambu dari 1620 spesies bambu yang ada di dunia. Umumnya, tanaman ini tumbuh liar dan hanya 25.000 hektar dari satu juta hektar yang dikelola sebagai hutan atau kebun bambu.

Meskipun memiliki potensi yang besar, pemanfaatan lahan untuk budidaya bambu terbilang masih rendah. Pemanfaatan lahan masih banyak dilakukan dalam skala masyarakat. Tak ingin menyia-nyiakan potensi ini, pemerintah indonesia melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mencoba untuk mengembangkan industri bambu lewat program 1000 Desa Bambu bersama  Yayasan Bambu Lestari untuk meningkatkan produksi bambu.

Selain memiliki potensi tinggi dalam bidang perekonomian, tanaman ini juga memiliki segudang manfaat untuk konservasi ekosistem disekitarnya. Bambu dapat diandalkan untuk konservasi air dan tanah. Tanaman ini memiliki struktur akar yang rapat dan menyebar secara luas sehingga dapat mengurangi resiko erosi tanah yang ditempatinya. Selain itu, akar bambu juga banyak menyerap air sehingga cadangan air tanah disekitarnya berlimpah.

Manfaat ekonomi dan konservasi yang dimiliki bambu tentunya tak boleh disia-siakan. Meningkatkan budi daya bambu jadi modal penting untuk pengembangan berbagai peluang bisnis berkelanjutan seperti pembuatan kemasan bambu yang ramah lingkungan. Pengembangan bisnis ini memiliki misi untuk mengurangi penggunaan kemasan plastik sekali pakai yang berdampak buruk bagi keberlanjutan lingkungan.

Inovasi Bisnis Kemasan Bambu Pengganti Styrofoam

"Foto

Inovasi bisnis kemasan bambu salah satunya datang dari negri gajah, Thailand. Sebuah perusahaan produksi kemasan makanan UB Pack hadir untuk menciptakan solusi pengganti kemasan plastik dan styrofoam yaitu dengan produk kemasan biodegradable yang terbuat dari pati singkong dan serat alami bambu. Bambu dimanfaatkan untuk memperkuat produk yang dihasilkan.

Dalam proses produksinya, mereka menghindari penggunaan bahan kimia seperti pewarna buatan dan pemutih agar produk benar-benar bisa terurai di alam bahkan bisa dimanfaatkan untuk bahan kompos. Bambu yang digunakan juga merupakan sisa produksi sumpit kayu.

Produk kemasan ramah lingkungan ini dapat terurai di alam dalam 180 hari. Kemasan yang diproduksi juga tahan panas dan dingin sehingga makanan atau minuman dapat dipanaskan di microwave maupun didinginkan dalam freezer. Mereka menawarkan berbagai kemasan makanan seperti mangkuk, gelas, piring, kotak bekal, hingga loyang.

Bisnis Kemasan Bambu Tradisional Indonesia

"Foto

Bagi masyarakat Indonesia, kemasan yang terbuat dari bambu sudah lama populer sejak dahulu kala. Masyarakat mengolah bambu sebagai kemasan tradisional yang bisa digunakan untuk membungkus makanan, hadiah, wadah bunga tabur, dan lain-lainnya. Berbeda dengan UB Pack yang telah mengolah bambu jadi kemasan dalam skala industri besar, masyarakat Indonesia masih mengolah bambu secara tradisional dengan cara menganyam bambu yang diproduksi dalam skala Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Meskipun begitu, produk yang dihasilkan seperti besek, keranjang bambu, dan tampah memiliki daya tahan yang baik sehingga bisa digunakan berulang kali, memiliki tampilan yang unik dan menarik, bebas bahan kimia, dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Kemasan-kemasan bambu tersebut juga dapat kamu beli dengan mudah di pasar hingga e-commerce. Menggunakan kemasan bambu tradisional dapat menumbuhkan kebiasaan guna ulang untuk kurangi sampah.

Banyaknya ragam jenis kemasan yang terbuat dari bambu memberikan konsumen lebih banyak pilihan kemasan sebagai wadah pembungkus produk mereka baik untuk sesama pelaku bisnis maupun penggunaan pribadi. Memaksimalkan potensi budidaya bambu untuk mendukung konsumsi dan produksi yang berkelanjutan harus dilakukan demi pertumbuhan ekonomi yang selaras dengan keberlanjutan lingkungan.

Referensi
Ingin Terus Mendapatkan Informasi Terbaru Kami? Berlangganan Sekarang

Dengan berlangganan kamu telah menyetujui Kebijakan Privasi yang berlaku.

img 9429 cleanup

Mau up-date tentang kondisi lingkungan terkini?
Berlangganan sekarang!

Masukkan e-mailmu dan kami akan kirimkan berbagai informasi lingkungan menarik dan berbobot hanya untuk kamu, Generasi Hijau!

Dengan berlangganan kamu telah menyetujui Kebijakan Privasi yang berlaku.