ID
|
Mengenal Eco Ableism dan Dampaknya bagi Penyandang Disabilitas

Mengenal Eco Ableism dan Dampaknya bagi Penyandang Disabilitas

Dua Pengendara Sepeda Berlari Satu Sama Lain (Sumber: Pexels/Run 4 FFWPU)
Dua Pengendara Sepeda Berlari Satu Sama Lain (Sumber: Pexels/Run 4 FFWPU)

Daftar Isi

Eco ableism, istilah ini mungkin masih asing dan jarang dibicarakan. Namun, tanpa disadari eco ableism sering terjadi di sekitar kita dan berdampak langsung terhadap penyandang disabilitas. Eco ableism adalah diskriminasi terhadap penyandang disabilitas yang terjadi di dalam gerakan atau aktivisme lingkungan. Eco ableism terjadi ketika usaha untuk melestarikan lingkungan tidak memperhatikan kebutuhan penyandang disabilitas sehingga menyulitkan penyandang disabilitas. Contoh paling umum dari eco ableism adalah kasus pelarangan sedotan plastik yang mengundang kritikan dari kelompok dan aktivis penyandang disabilitas.

Sampah sedotan plastik adalah salah satu permasalahan sampah yang paling banyak disoroti oleh masyarakat. Perhatian masyarakat terhadap isu sampah sedotan plastik pun didorong oleh peristiwa tragis seperti hewan di lautan yang mati akibat memakan atau tersumbat sedotan plastik. Oleh karena itu, masyarakat pun mulai giat mencari alternatif untuk menggantikan sedotan plastik dengan beralih ke sedotan metal, sedotan kertas, sedotan kaca, dan sedotan bambu. Bahkan, beberapa restoran pun mulai menerapkan pelarangan sedotan plastik demi mengurangi dampak sampah plastik terhadap lingkungan. Upaya ini memang patut diapresiasi karena kesadaran masyarakat terhadap dampak sampah plastik mulai meningkat. Namun, pada sisi lain, upaya pelarangan sampah plastik ini mengundang kritik dari kelompok penyandang disabilitas karena dinilai tidak mengakomodasi kebutuhan beberapa penyandang disabilitas atau dalam kata lain eco ableism.

Beberapa penyandang disabilitas seperti disabilitas tanpa tangan dan fungsi genggam membutuhkan sedotan plastik agar bisa minum dengan aman dan nyaman secara mandiri. Sedotan plastik juga dinilai lebih aman dibandingkan dengan sedotan metal yang keras dan dapat menghantarkan panas. Selain itu, sedotan plastik juga dinilai lebih aman bagi beberapa orang yang memiliki alergi terhadap metal. Oleh karena itu, pelarangan sedotan plastik secara penuh tanpa memperhatikan kebutuhan penyandang disabilitas ini menuai kritik dari kelompok dan aktivis penyandang disabilitas karena dinilai sebagai tindakan eco ableism.

Contoh lain dari eco ableism adalah menyingkirkan tempat parkir atau jalur kursi roda demi mengakomodasi tempat parkir atau jalur sepeda. Selain itu, menyalahkan orang untuk menggunakan kendaraan karena dinilai tidak ramah lingkungan juga bisa menimbulkan eco ableism. Sebab, beberapa penyandang disabilitas memerlukan bantuan kendaraan untuk mobilitas.

Isu mengenai eco ableism juga menjadi perhatian pada saat KTT Perubahan Iklim di Glasgow atau COP 26 (Conference of the Parties). Penyelenggaraan COP 26 dinilai kurang ramah dan inklusif bagi penyandang disabilitas. Karine Elhararr, seorang menteri dari Israel yang merupakan penyandang disabilitas. Ia mengeluhkan bahwa dia tidak bisa menghadiri salah satu sesi di COP 26 karena salah satu lokasinya sulit diakses oleh kursi roda.

Pada dasarnya, eco ableism disebabkan oleh diskriminasi dan penindasan secara sistemik yang terjadi di masyarakat terhadap penyandang disabilitas. Hal tersebut dikenal juga dengan istilah ableism. Oleh karena itu, ableism bukan hanya ada dalam gerakan lingkungan, tapi juga dapat terjadi di ruang dan lingkup yang lainnya. Lalu, bagaimana cara untuk mencegah eco ableism?

Melibatkan Penyandang Disabilitas dalam Kebijakan Lingkungan

Ilustrasi tangan seseorang sedang membaca buku dalam huruf braille (sumber: pexels/yan krukov)
Ilustrasi tangan seseorang sedang membaca buku dalam huruf braille (sumber: pexels/yan krukov)

Untuk memastikan bahwa kebijakan lingkungan tidak mendiskriminasi penyandang disabilitas dan tidak mengarah pada tindakan eco ableism, tentunya penyandang disabilitas perlu dilibatkan secara aktif dalam pengambilan keputusan atau kebijakan lingkungan. Melibatkan penyandang disabilitas dalam kebijakan lingkungan juga penting. Sebab, mereka merupakan salah satu kelompok yang paling rentan terdampak oleh perubahan iklim. Perubahan iklim membuat bencana ekstrem menjadi lebih sering terjadi. Akibat kurangnya penanganan risiko bencana yang inklusif, penyandang disabilitas dapat mengalami kesulitan ketika proses evakuasi. Sebagai contoh, 12 penyandang disabilitas tewas ketika banjir seketika melanda Kota Sinzig di Jerman. Selain itu, banyak bus evakuasi yang tidak bisa diakses oleh kursi roda dan penyandang disabilitas. Tunarungu dan tunanetra juga kesulitan untuk mendapatkan informasi darurat ketika dalam proses evakuasi.

Fokus Pada Perubahan Sistem

Beberapa contoh kasus eco ableism merupakan isu mengenai perubahan perilaku dalam tingkat individu. Perubahan perilaku tingkat individu untuk beralih ke gaya hidup yang sesuai dengan prinsip konsumsi dan produksi berkelanjutan memang baik dan perlu didukung. Namun, tidak semua kalangan masyarakat memiliki privilese atau kemampuan untuk beralih ke gaya hidup ramah lingkungan. Oleh karena itu, alih-alih menghakimi seseorang hanya karena memilih pilihan yang dinilai “tidak ramah lingkungan”, sebaiknya gerakan lingkungan juga fokus pada perubahan sistemik dan menuntut setiap pihak baik pemerintah atau swasta untuk bertanggung jawab. Diskriminasi terhadap penyandang disabilitas dan permasalahan lingkungan keduanya merupakan masalah sistemik. Jadi, memerlukan solusi yang sistemik pula.

Referensi
  • https://difabel.tempo.co/read/1521781/pentingnya-sedotan-bagi-penyandang-disabilitas-tanpa-tangan-dan-fungsi-genggam diakses 3 Desember 2021
  • https://www.bbc.com/news/world-59128618 diakses 3 Desember 2021
  • https://foe.scot/eco-ableism-and-the-climate-movement/ diakses 3 Desember 2021
  • https://www.bbc.com/news/disability-59042087 diakses 3 Desember 2021
Ingin Terus Mendapatkan Informasi Terbaru Kami? Berlangganan Sekarang

Dengan berlangganan kamu telah menyetujui Kebijakan Privasi yang berlaku.

img 9429 cleanup

Mau up-date tentang kondisi lingkungan terkini?
Berlangganan sekarang!

Masukkan e-mailmu dan kami akan kirimkan berbagai informasi lingkungan menarik dan berbobot hanya untuk kamu, Generasi Hijau!

Dengan berlangganan kamu telah menyetujui Kebijakan Privasi yang berlaku.